Home » Properti » Perumahan » Mana Yang Lebih Murah Beli Rumah Atau Bangun Rumah?

Mana Yang Lebih Murah Beli Rumah Atau Bangun Rumah?

Ketika memutuskan untuk memiliki sebuah rumah, maka pertanyaan umum yang sering muncul adalah mana yang lebih murah beli rumah atau bangun rumah? Mana yang lebih menguntungkan? Apa kelebihan dan kekurangan membeli rumah jadi dan apa keuntungan dan kerugiannya membangun rumah sendiri?
Sebenarnya jika anda bingung mana yang lebih murah beli rumah atau bangun rumah; perlu anda ketahui bahwa kedua pilihan tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut sedikit pembahasannya.

Lebih Murah Beli Rumah Atau Bangun Rumah?

Membangun Rumah Sendiri. Keputusan ini memerlukan perhatian dalam beberapa hal. Saat anda ingin membangun rumah sendiri, anda harus memeriksa ulang dengan sangat teliti seluruh dokumen serta sertifikat tanah dari rumah yang akan anda bangun. Jangan sampai ketika rumah tersebut sudah selsai dibangun, anda mendapatkan masalah hukum mengenai status tanah dan juga keabsahan surat-suratnya.
Lalu manakah yang lebih murah beli rumah yang sudah jadi, atau bangun rumah? Membangun rumah mungkin memerlukan waktu dan tenaga ekstra dibandingkan dengan membeli rumah jadi. Namun, salah satu keuntungannya adalah anda tidak terikat dengan jadwal pembayaran kredit pemilikan rumah (KPR) karena pembangunan rumah ditentukan oleh anda sendiri. Keuntungan lainnya adalah anda dapat mendesain ruang-ruang di rumah tersebut sesuai keinginan anda. jangka waktu penyelesaian rumah bisa anda atur sendiri sesuai kebutuhan dan budget anda.

Membeli Rumah Jadi. Mungkin dalam proses awal terlihat lebih murah dan praktis membeli rumah jadi, khususnya bagi anda yang memiliki sedikit waktu untuk mengurus pembangunan rumah. Anda juga dapat menyesuaikan rumah yang anda beli dengan budget anda atau mengajukan KPR di bank. Meski baru membayar sekitar 37 % dari harga rumah, anda tetap bisa langsung memiliki dan menempati rumah tersebut. Namun kekurangan dari membeli rumah jadi antara lain, desain ruang-ruangnya mungkin tidak selalu cocok dengan gaya hidup anda sehingga diperlukan beberapa renovasi. Selain itu, jika anda tidak cukup teliti, mungkin anda akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk memperbaiki struktur atau instalasi rumah tersebut.

Jadi, manakah yang lebih murah beli rumah atau bangun rumah? Keputusan tetap di tangan anda sebagai calon pemilik rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*