Home » Desain Rumah » Denah Rumah » Desain Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Desain Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Beberapa tahun terakhir ini, banyak orang mencari desain rumah minimalis sederhana 1 lantai 3 kamar tidur. Karena trend untuk hunian sekarang memang rumah minimalis. Lalu bagaimana desain rumah minimalis yang bagus itu? Faktor-faktor apa saja yang sebaiknya diperhatikan dalam mendesain atau membangun rumah minimalis 1 lantai dengan 3 kamar tidur?

Denah rumah minimalis sederhana 1 lantai 3 kamar tidur

Yang perlu diperhatikan dalam design rumah minimalis sederhana  adalah agar setiap kamar tidur bisa mendapatkan sirkulasi udara yang cukup, karena dengan memaksakan adanya 3 kamar tidur tapi dengan mengorbankan sirkulasi udara sama saja dengan mengorbankan banyak kenyamanan wajib yang harus didapat penghuni.

Jika ada ruang yang harus dikorbankan untuk sirkulasi udara, mungkin kamar mandi bisa jadi alternatif, exhaust fan bisa jadi solusinya.

Manfaatkan ruang ruang sisa untuk aliran udara ruang tidur dan ruang ruang lain dimana ruang ini tetap harus mendapatkan akses perawatan.

Usahakan ruang kecil seperti toilet, musholla dan gudang (jika diperlukan) mengambil ruang ruang antara dan sisa secara cerdik, karena setiap ruang pada prinsipnya akan mengambil sekitar 25% dari ruang yang seharusnya, jadi dengan mengambil ruang sisa dan antara (ruang lain) space 25% ini bisa dihemat karena bisa digabung.

Desain Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Desain Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai 3 Kamar Tidur

Dapur disarankan juga menjadi akses alternatif masuk dan keluar, selain akses utama di teras dan ruang tamu/ruang keluarga. Kegunaannya selain fleksibilitas juga sebagai privasi penghuni rumah.

Ruang makan bisa diletakkan di dalam ataupun diluar, sehingga ruang dalam bisa digunakan keluarga secara lebih optimal.

Jika teras cukup luas, bisa jadi alternatif menerima tamu, jadi ruang dalam bisa untuk menerima tamu yang lebih kita kenal seperti keluarga.

Tampak rumah minimalis sederhana 1 lantai 3 kamar tidur

Dengan luasan lahan seperti ini, tidak ada kendala berarti pada design tampak, anda bisa hampir tanpa batasan untuk melakukan apapun, meski tetap jangan berlebihan, karena ketika berlebihan semuanya tampak menjadi murah dan tidak berarti.

Finishing batu bisa dilakukan sebagai dominasi finishing maupun sekedar aksen penguat, jangan lupa dengan harmoni dan keselarasan.

Warna sesuaikan dengan thema bangunan yang anda inginkan, kokoh, lembut atau lainnya.

Penutup atap jika dirasa terlalu “biasa” tambahkan dengan permainan plat beton di beberapa sisi yang nantinya bisa ditambahkan dengan juluran tanaman rambat yang akan membuat pandangan lebih sejuk.

Pagar sesuaikan dengan kondisi keamanan lingkungan, tetap sediakan sisi sisi penyambung antara ruang dalam dan luar lahan, agar anda bisa “mencuri” ruang umum menjadi ruang pribadi. Jika keamanan bagus tidak ada salahnya tanpa pagar sehingga anda bisa memiliki ruang pribadi yang lebih luas dari yang seharusnya.

 source denah: desainrumahminimalis-sederhana.blogspot.com/2013/10/denah-rumah-sederhana-3-kamar-tidur.html

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*