Home » Desain Rumah » Menciptakan Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern Yang Tidak Membosankan

Menciptakan Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern Yang Tidak Membosankan

Desain rumah minimalis modern telah menjadi trend gaya arsitektur bangunan beberapa tahun terakhir ini. banayk orang membangun rumahnya dengan desain rumah minimalis modern, baik desain rumah minimalis 1 lantai modern maupun 2 lantai.

Trend desain rumah minimalis terbentuk dari makin minimnya lahan yang tersedia untuk bangunan. Selain itu gaya hidup urban yang serba praktis dan efisien makin menguatkan kemunculan trend rumah minimalis ini. Desain rumah minimalis modern hadir dengan karakter yang jelas; bentuk ruangan yang simple dan geometris serta kokoh ditambah dengan interior ruangan yang cenderung plain dengan sedikit ornamen dan perabotan. Prinsip desain rumah minimalis adalah semakin simple sebuah rumha, semakin baik kualitas desain dan penyelesaian strukturnya.

Kelemahan dari desain rumah dengan konsep minimalis adalah suasana ruang akan cenderung membosankan. Oleh karena itu, pada saat anda merencanakan desain rumah minimalis modern 1 lantai, anda dapat juga memasukkan unsure-unsur desain yang tidak biasa agar rumah anda tidak membosankan. Misalnya; jika selama ini desain rumah minimalis cenderung kotak sederhana, mungkin anda bisa memasukkan bentuk ruang platonik geometri yang “tiba-tiba” muncul ke atas pada lansekapnya. Namun perlu diingat untuk tidak memaksakan desain seperti ini karena fokus desain rumah minimalis adalah pada fungsi ruangnya.

Alternatif lain agar desain rumah minimalis 1 lantai modern tidak membosankan adalah dengan pemilihan jenis bahan material yang digunakan. Saat ini, banyak rumah minimalis yang memadukan beragam bahan bangunan seperti batu bata, kayu, kaca, batu kali, baja atau beton ekspos. Perpaduan bahan-bahan material tertentu dapat menghasilkan efek ruang yang berbeda-beda. Penggunaan warna-warna cerah pada beberapa sisi dinding juga dapat memperkuat aksen pada desain rumah  modern dan menjadikannya pusat perhatian lingkungan.

Rumah minimalis modern menekankan pada bentuk desain yang sederhana dan cenderung polos serta penggunaan ruang yang efisien dan kompak. Biaya pembuatan desain rumah minimalis sangat tergantung pada pemakaian bahan bangunan. Jika budget anda terbatas, konsentrasikan perencanaan desain pada struktur bangunan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*