Home » Desain Rumah » Memilih Desain Rumah Tradisional Jawa Modern sebagai Penyegaran

Memilih Desain Rumah Tradisional Jawa Modern sebagai Penyegaran

Mengenali desain rumah tradisional jawa modern sebetulnya bisa dilakukan dengan mudah sebab hunian bergaya seperti ini memiliki ciri khas yang distingtif. Ciri khas yang dimaksud dapat dilihat dari keberadaan empat buah tiang yang menyangga bangunan serta bentuk atap yang unik dengan ujung-ujungnya yang dihiasi ornamen tertentu. Rumah Jawa yang dikenal sebagai rumah joglo memiliki konsep yang sederhana sehingga bisa dijadikan sumber inspirasi bagi pembuatan rumah bergaya modern. Perpaduan antara unsur etnis dan modern mampu memberikan sentuhan yang menyegarkan. Penggunaan material yang lazim ditemukan pada rumah joglo konvesional dapat disubtitusi dengan bahan lain seperti keramik atau beton. Kayu masih tetap dapat digunakan tetapi mungkin harus dibatasi aplikasinya untuk menangkal efek visual klasik.

Tips untuk Desain Rumah Tradisional Jawa Modern

Batu bata berwarna kemerahan bisa dijadikan pilihan untuk material pembangunan dinding rumah. Material ini mampu memberikan kesan etnis yang kental serta menawarkan Anda sejumlah keuntungan antara lain dari sisi durabilitas dan kesimpelan pemeliharaan. Keberadaan tiang-tiang selain tiang penyangga utama bisa diharapkan menjadi daya tarik bagi rumah yang memiliki desain rumah tradisional jawa modern. Tiang-tiang tambahan ini bisa diletakkan di teras depan rumah, yang pada akhirnya akan membentuk model pelataran yang beratap sementara ntuk lantai teras bisa dipilih bahan keramik putih. Tiang tesebut pun bisa dibentuk tidak harus selalu monoton. Sejumlah ukiran bisa ditambahkan ke permukaan tiang agar menambah apik suasana.

Bingkai jendela dan kusen pintu bisa menggunakan bentuk khusus yang memiliki ukir-ukiran yang khas akan tradisi Jawa. Bahkan, jika Anda tidak berkeberatan, daun pintu dan daun jendela bisa pula menggunakan panel-panel dengan ukiran lain yang juga kental akan seni arsitektur budaya Jawa. Jika Anda merasa enggan mengadopsi bentuk rumah joglo secara keseluruhan, Anda bisa mengambil beberapa elemen yang Anda rasa cocok untuk rumah Anda saja. Dengan cara ini, niscaya rumah Anda masih akan terlihat modern sepenuhnya namun dengan sentuhan-sentuhan tradisional. Jangan sungkan berkreasi dengan ide baru yang Anda dapatkan dalam desain rumah tradisional jawa modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*