Home » Desain Rumah » Desain Rumah Minimalis Etnik Jawa untuk Terobosan Baru Hunian Pribadi Anda

Desain Rumah Minimalis Etnik Jawa untuk Terobosan Baru Hunian Pribadi Anda

Jika pada saat ini Anda berencana membangun sebuah hunian yang dipenuhi suasana segar dan sederhana namun anggun, Anda bisa memilih menggunakan desain rumah minimalis etnik jawa. Unsur etnis yang kental bisa memicu kesegaran tersendiri yang selain unik juga bermakna dalam. Ini penting sebab dalam seni arsitektur kuno yang sering diadopsi ke dalam bentuk rumah modern, semua unsur penyokong sebuah bangunan kerap kali memiliki definisi masing-masing. Anda bisa mengambil satu unsur yang memiliki makna yang bisa Anda resapi secara pribadi lalu Anda terapkan ke dalam desain rumah yang Anda kerjakan. Dan perpaduan antara segi modern yang direpresentasikan oleh sifat minimalistis dan unsur klasik dari arsitektur etnis bisa menciptakan sebuah nuansa yang sama sekali baru bagi Anda.

Inspirasi untuk Desain Rumah Minimalis Etnik Jawa

Pada desain rumah minimalis etnik jawa, bentuk yang paling sering digunakan biasanya terinspirasi dari rumah joglo. Rumah khas Jawa ini bisa dijadikan sumber ide utama dalam pembuatan rumah bergaya minimalistis modern Anda mengingat bentuknya yang bersifat terbuka dan lapang. Tentu saja akan lebih baik apabila Anda bisa mengambil langsung bentuk dan model rumah joglo lalu mengubahnya menjadi sebuah rumah yang modern. Namun ini bisa dilakukan hanya jika Anda memiliki cukup lahan untuk berkreasi dengan rumah joglo tersebut secara langsung. Anda bisa menata rumah tersebut dengan berbagai macam furnitur khas Jawa yang biasanya terbuat dari kayu jati. Bisa pula Anda tambahkan perabotan lain yang berbahan bambu, baik itu yang berbentuk utuh maupun yang sudah dibuat menjadi anyaman.

Namun jika pada kenyataannya rumah Anda tidak memiliki ukuran yang relatif setara dengan rumah joglo asli, Anda tetap bisa mengakalinya dengan cara mengambil beberapa unsur dari joglo itu saja. Misalnya, Anda bisa megadopsi pintu kayu berukiran khas Jawa. Hal yang sama bisa pula diterapkan untuk daun jendela dan perabotan. Intinya, Anda tetap bisa memilih desain rumah minimalis etnik jawa seberapa kecil pun rumah Anda tersebut dengan cara “mencomot” beberapa elemen etnis dan menerapkannya pada rumah Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*